Format Baru Liga Champions UEFA Musim 2024/2025: Ini Semua yang Perlu Kamu Ketahui!

Temukan perubahan kunci dalam Liga Champions UEFA mulai musim 2024/25, termasuk format baru fase liga, kualifikasi tambahan, dan dampak positifnya.
Pemain sepak bola beraksi di stadion profesional
viarprodesign

Kosmonial.ID - Ada alasan mengapa sepakbola Eropa menjadi salah satu olahraga paling sukses dan populer di dunia. Ia tidak pernah diam. Sejak dimulainya kompetisi perdana, dikenal sebagai Piala Klub Juara Eropa, pada tahun 1955, UEFA terus berkembang dan menyesuaikan Liga Champions untuk selalu sejalan dengan perubahan lebih luas dalam permainan.

Untuk memastikan format baru pada musim 2024/25 akan memberikan yang terbaik bagi klub, pemain, dan penggemar, UEFA merancangnya berdasarkan konsultasi ekstensif dengan para pemangku kepentingan utama di komunitas sepakbola Eropa. Format final, daftar akses, dan kalender untuk kompetisi klub Eropa disetujui pada 10 Mei 2022, setelah keputusan UEFA pada 19 April 2021 untuk memperkenalkan sistem kompetisi baru.

"UEFA dengan jelas menunjukkan bahwa kami sepenuhnya berkomitmen untuk menghormati nilai-nilai dasar olahraga dan untuk mempertahankan prinsip kunci dari kompetisi terbuka, dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sesuai dengan model olahraga Eropa yang nilai dan solidaritas," kata presiden UEFA Aleksander Ceferin. 

"Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA, dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semua setuju dengan proposal yang diajukan. Ini membuktikan bahwa sepakbola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya," sambungnya.

1. Bagaimana Format Liga Champions UEFA Berubah Mulai 2024/25?

UEFA

Perubahan kunci dalam reformasi yang diumumkan oleh Komite Eksekutif UEFA adalah kepergian dari sistem fase grup format saat ini. Fase grup Liga Champions sekarang melibatkan 32 peserta yang dibagi menjadi delapan grup empat tim. 

Mulai musim 2024/25, 36 klub akan berpartisipasi dalam fase liga Liga Champions (sebelumnya fase grup), memberikan kesempatan kepada empat klub tambahan untuk bersaing melawan klub terbaik di Eropa. Ke-36 klub ini akan berpartisipasi dalam kompetisi liga tunggal di mana semua 36 klub peserta diberi peringkat bersama.

Dalam format baru, tim akan memainkan delapan pertandingan dalam fase liga baru (sebelumnya fase grup). Mereka tidak akan lagi bermain melawan tiga lawan dua kali - di kandangdan tandang - melainkan akan menghadapi pertandingan melawan delapan tim berbeda, memainkan setengah dari pertandingan itu di kandang dan setengahnya lagi tandang. 

Untuk menentukan delapan lawan yang berbeda, tim-tim awalnya akan diberi peringkat dalam empat pot unggulan. Setiap tim kemudian akan diundi untuk bermain melawan dua lawan dari masing-masing pot ini, memainkan satu pertandingan melawan tim dari setiap pot di kandang dan satu tandang.

Ini memberi kesempatan bagi klub untuk menguji diri mereka sendiri melawan berbagai lawan dan meningkatkan peluang bagi penggemar untuk melihat tim terbaik bersaing lebih sering dan lebih awal dalam kompetisi. Ini juga akan menghasilkan pertandingan yang lebih kompetitif bagi setiap klub secara keseluruhan.

2. Bagaimana Empat Tempat Fase Grup Tambahan Liga Champions Akan Dialokasikan?

para pemain sepak bola galatasaray merayakan gol
FC Bayern

Kualifikasi untuk Liga Champions akan tetap terbuka dan bergantung pada posisi akhir klub dalam kompetisi liga domestik musim sebelumnya yang dikombinasikan dengan posisi setiap asosiasi dalam peringkat koefisien klub asosiasi UEFA. Dasar daftar akses akan tetap sama seperti musim saat ini, dan empat slot tambahan yang tersedia pada 2024/25 akan dialokasikan sebagai berikut:

a. Slot satu 

Tempat ini akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat ketiga dalam kejuaraan asosiasi di posisi kelima dalam daftar akses, yang ditentukan oleh peringkat koefisien klub asosiasi UEFA.

b. Slot dua

Tempat ini akan diberikan kepada juara domestik dengan memperluas dari empat menjadi lima jumlah klub yang lolos melalui jalur Juara dari proses kualifikasi kompetisi, yang akan terdiri dari empat babak kualifikasi.

c. Slot tiga dan empat

Tempat-tempat ini akan diberikan kepada asosiasi dengan kinerja kolektif terbaik oleh klub-klub mereka pada musim sebelumnya (yaitu koefisien klub asosiasi musim sebelumnya, yang didasarkan pada total jumlah poin koefisien klub yang diperoleh oleh setiap klub dari sebuah asosiasi dibagi dengan jumlah klub peserta dari asosiasi itu). 

Kedua asosiasi ini akan masing-masing mendapatkan satu tempat otomatis dalam fase liga ('European Performance Spot') untuk klub yang berada di peringkat terbaik di liga domestik mereka di belakang klub-klub yang sudah lolos secara langsung ke fase liga.

3. Bagaimana Tim-tim Akan Mencapai Fase Gugur Liga Champions dan Apakah Formatnya Akan Berubah?

para pemain sepak bola merayakan kemenangan
UEFA

Hasil setiap pertandingan akan menentukan peringkat keseluruhan dalam liga baru, dengan tiga poin untuk kemenangan dan satu untuk hasil imbang masih berlaku.

Delapan tim teratas dalam liga akan lolos otomatis ke babak 16 besar, sementara tim yang finis di posisi 9 hingga 24 akan bersaing dalam fase play-off gugur dua leg untuk mengamankan tempat mereka di babak 16 kompetisi. Tim yang finis di posisi 25 atau lebih rendah akan dieliminasi, tanpa akses ke Liga Europa UEFA.

Format baru, dengan semua tim diberi peringkat bersama dalam liga tunggal, akan berarti ada lebih banyak yang dipertaruhkan hingga malam terakhir fase liga.

Di fase gugur, tim-tim yang finis antara peringkat 9 dan 16 akan diberi peringkat dalam undian fase play-off gugur, yang berarti mereka akan menghadapi tim yang berada di posisi 17 hingga 24 - dengan, pada prinsipnya, pertandingan kembali di kkamung. 

Delapan klub yang berhasil dalam fase play-off gugur akan maju ke babak 16, di mana mereka masing-masing akan menghadapi salah satu dari delapan peringkat teratas, yang akan diberi peringkat di babak 16.

Untuk memperkuat sinergi antara fase liga dan gugur, dan memberikan insentif olahraga lebih banyak selama fase liga, pasangan fase gugur juga akan sebagian ditentukan oleh peringkat fase liga, dengan undian yang juga menentukan dan merinci rute tim untuk mencapai final.

Mulai dari babak 16 hingga ke final, kompetisi akan terus mengikuti format yang ada dari babak gugur menuju final yang diselenggarakan di tempat netral yang dipilih oleh UEFA.

Semua pertandingan sebelum final akan terus dimainkan pada pertengahan pekan, mengakui pentingnya kalender domestik pertandingan di seluruh Eropa, sementara final akan terus dimainkan pada hari Sabtu.

4. Apakah Format Liga Europa dan Liga Konferensi Europa Akan Berubah Mulai 2024/25?

kalender pertandingan sepak bola
UEFA

Ya. Perubahan format serupa juga akan diterapkan untuk Liga Europa UEFA (delapan pertandingan dan oleh karena itu delapan lawan yang berbeda dalam fase liga) dan Liga Konferensi UEFA, yang akan disebut Liga Konferensi UEFA mulai 2024/25 (enam pertandingan dan oleh karena itu enam lawan yang berbeda dalam fase liga), dengan kedua kompetisi tersebut juga menampilkan 36 tim dalam fase liga.

5. Bagaimana Tampilan Kalender untuk Format Baru dari Tiga Kompetisi?

Pertandingan Liga Champions dan Liga Europa akan dimainkan antara September dan Januari, sementara pertandingan Liga Konferensi Europa akan dimainkan antara September dan Desember. Setiap dari tiga kompetisi klub UEFA akan memiliki satu pekan pertandingan eksklusif, dengan dua kompetisi lainnya tidak dijadwalkan pada minggu ini.

Pada minggu stkamur, pertandingan Liga Champions akan dimainkan pada hari Selasa dan Rabu, sementara pertandingan Liga Europa dan Liga Konferensi Europa akan dipertandingkan pada hari Kamis. Pada minggu eksklusif Liga Champions, pertandingan akan dimainkan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. 

Pada minggu eksklusif Liga Europa, pertandingan Liga Europa akan diadakan pada hari Rabu dan Kamis. Pada minggu eksklusif Liga Konferensi Europa, pertandingan Liga Konferensi Europa akan berlangsung pada hari Kamis.

Untuk hari terakhir dari setiap fase liga kompetisi, semua pertandingan akan dimainkan secara bersamaan.

6. Bagaimana Format Baru Liga Champions Akan Membantu Fans?

Suporter sepak bola bersorak di stadion
UEFA

Format liga baru akan melibatkan lebih banyak tim Eropa dalam setiap kompetisi dan akan memungkinkan penggemar tidak hanya melihat lebih banyak pertandingan Eropa teratas tetapi juga melihat pertandingan tersebut berlangsung lebih awal dalam kompetisi.

Format baru akan memperkenalkan keseimbangan kompetitif yang lebih baik antara semua tim, dengan kemungkinan setiap tim bertanding melawan lawan dari tingkat kompetitif yang serupa sepanjang fase liga.

Setiap pertandingan berharga. Format liga baru akan memastikan bahwa setiap hasil memiliki potensi untuk mengubah secara dramatis posisi suatu tim, sampai dan termasuk pada hari terakhir fase liga. Menang atau kalah dalam pertandingan terakhir fase liga bisa membuat perbedaan antara tim lolos otomatis ke babak 16 terakhir, masuk ke babak play-off, atau dieliminasi dari kompetisi sama sekali.

7. Bagaimana Format Baru Liga Champions Akan Membantu Sepakbola Eropa?

Perubahan yang dilakukan dirancang untuk menjamin masa depan positif sepakbola Eropa di setiap tingkatan dan memenuhi kebutuhan berkembang dari semua pemangku kepentingan. Dengan tegas mengonfirmasi komitmen bersama terhadap prinsip kompetisi terbuka dan prestasi olahraga di seluruh benua, tujuan bersama juga untuk mendukung kelangsungan liga domestik. 

Seperti yang diuraikan di atas, tata letak baru kompetisi klub UEFA akan memungkinkan lebih banyak tim, dan oleh karena itu lebih banyak pelatih dan pemain, untuk bersaing dalam pertandingan yang lebih kompetitif di panggung Eropa.

UEFA juga telah menguatkan komitmen keuangannya yang kuat untuk sepakbola Eropa secara keseluruhan dan akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa solidaritas dijamin untuk klub yang tidak berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA. Ini akan memperkuat dasar kokoh tempat sepakbola di Eropa dibangun.

Bagaimana Liga Champions Telah Berubah Seiring Waktu?

para pemain sepak bola merayakan kemenangan
UEFA

Timeline Liga Champions dan Liga Europa kami menunjukkan dengan lebih detail bagaimana setiap kompetisi telah berkembang, mulai dari awal European Champion Clubs' Cup yang dimulai pada tahun 1955, hingga Piala UEFA dan Piala Pemenang Piala UEFA, dan belakangan ini menjadi format kompetisi klub pria UEFA yang ada saat ini.

8. FAQs

1. Apakah perubahan format Liga Champions berlaku untuk musim 2024/25 saja?

Tidak, perubahan ini akan diterapkan mulai musim 2024/25 dan seterusnya.

2. Apa yang membedakan format baru dari format sebelumnya?

Perbedaan utamanya adalah penghapusan fase grup dan penggantian dengan fase liga tunggal.

3. Bagaimana klub mendapatkan tempat dalam fase grup tambahan?

Tempat tersebut diberikan berdasarkan kinerja liga domestik klub dan peringkat koefisien asosiasi klub UEFA.

4. Apa keuntungan utama bagi penggemar dengan format baru?

Penggemar akan melihat lebih banyak pertandingan.

Itulah informasi seputar format baru Liga Champions UEFA musim 2024/2025. (*)

Hai, saya Rangga Putra, seorang jurnalis yang menyukai sastra, olahraga, dan analisis mendalam tentang berbagai isu sosial, geopolitik, militer dan pertahanan. Journalist | Blogger | Content Writer | CEO & Founder Kosmonial.ID