Rahasia Lolos PPPK Kesehatan: Nilai Ambang Batas yang Wajib Kamu Capai

Persiapkan diri dengan baik untuk tes PPPK Tenaga Kesehatan. Lulusi ambang batas kompetensi teknis, sosial, manajerial, dan wawancara.
tabel dengan huruf dan angka ambang batas pppk kesehatan
instagram@kemenpanrb

Kosmonial.ID - Dalam mengikuti tes PPPK tenaga kesehatan, selain harus memiliki pemahaman yang kuat tentang materi ujian, para pelamar juga harus memastikan bahwa mereka mencapai nilai ambang batas yang telah ditentukan. Nilai ambang batas ini menjadi kunci bagi para calon ASN PPPK tenaga kesehatan untuk bisa lolos seleksi.

Nilai ambang batas ini telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 665/2023. Maka, sebelum mengikuti tes PPPK tenaga kesehatan, kamu perlu memahami nilai ambang batas yang harus kamu capai. Berikut adalah nilai ambang batas PPPK Tenaga Kesehatan:

1. Kompetensi Teknis

Perawat mengukur tekanan darah pasien
FREEPIK/rawpixel.com

Untuk lulus PPPK Tenaga Kesehatan, calon perawat dan bidan harus mencapai nilai ambang batas sebagai berikut:

  • Terampil Perawat: 158
  • Terampil Bidan: 158

Kamu bisa menemukan informasi lebih lanjut mengenai nilai ambang batas kompetensi teknis tenaga kesehatan di link resmi PANRB ini. Tes ini akan menguji pemahaman kamu dalam berbagai aspek, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang relevan dengan bidang teknis jabatan.

BACA JUGA: Lulusan SMA, Ini 8 Tips Jitu Lolos CPNS Kemenkumham 2023, Buktikan!

2. Kompetensi Sosial Kultural

Pengasuh muda Asia yang merawat pasien lanjut usia di tempat penitipa
FREEPIK/Lifestylememory

Selain kompetensi teknis, calon ASN PPPK Tenaga Kesehatan juga harus mencapai nilai ambang batas pada Kompetensi Sosial Kultural sebesar 117. Tes ini juga melibatkan Kompetensi Manajerial.

Tes Kompetensi Sosial Kultural akan menguji pemahaman kamu tentang interaksi dengan masyarakat yang beragam. Ini penting untuk memastikan bahwa pemegang jabatan di bidang kesehatan mampu berperan sebagai perekat bangsa yang memiliki peran, fungsi, dan jabatan yang sesuai.

3. Kompetensi Manajerial

petugas layanan kesehatan tersenyum
FREEPIK/benzoix

Kompetensi Manajerial juga memegang peranan penting dalam tes PPPK Tenaga Kesehatan. Calon ASN harus mencapai nilai ambang batas sebesar 117 pada Kompetensi Sosial Kultural ini. 

Tes ini akan menguji berbagai aspek, termasuk komitmen, kemampuan individu dalam berorganisasi, integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, kemampuan mengelola perubahan, dan kemampuan mengambil keputusan.

4. Wawancara

Perawat muda yang bahagia bertugas berkomunikasi dengan pria dewasa di meja resepsionis di klinik
FREEPIK/Drazen Zigic

Tes wawancara juga menjadi bagian dari seleksi PPPK Tenaga Kesehatan. Calon peserta akan diuji melalui wawancara yang bertujuan untuk menilai aspek non-kognitif, seperti integritas, moralitas, kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan. 

Nilai ambang batas untuk tes wawancara adalah 24.

Itulah sejumlah informasi mengenai nilai ambang batas PPPK Tenaga Kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No.652/2023. 

Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk mencapai nilai ambang batas yang dibutuhkan agar dapat menjadi ASN PPPK Tenaga Kesehatan yang sukses. Selamat berjuang! (*)



Saya adalah seorang penulis konten profesional dengan minat mendalam dalam berbagai aspek dunia hiburan dan gaya hidup. Dari Infotainment, K-Wave hingga Bollywood, dan dari grooming kesehatan, perawatan, hubungan, wisata, serta ramalan.