Apa Itu Feng Shui? Ini 5 Prinsip Utama dari Tradisi dan Kearifan Kuno Negeri Tirai Bambu

Prinsip-prinsip feng shui didasarkan pada keyakinan bahwa energi (chi) yang mengalir dapat memengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia.

pria tua di tengah taman bungan yin dan yang

kosmonial.id - Apa itu Feng Shui? Feng Shui adalah sebuah sistem tradisional asal negeri China yang berkaitan dengan tata letak dan harmonisasi ruang untuk menciptakan keseimbangan energi atau "chi" yang mengalir di sekitar lingkungan. 

Kata "feng shui" secara harfiah berarti "angin dan air" dalam bahasa Tionghoa, dan ini mencerminkan pentingnya aliran energi yang baik dalam menciptakan keharmonisan dan kesejahteraan.

Prinsip-prinsip feng shui didasarkan pada keyakinan bahwa energi (chi) yang mengalir dalam lingkungan fisik dapat memengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia. 

Berikut adalah 5 prinsip utama dalam feng shui yang meliputi antara lain:

KEPOIN JUGA: 7 Tips Feng Shui Tengah Rumah agar Terhindar dari Kesialan dan Terselimuti Keberuntungan!

1. Yin dan Yang

Konsep ini berbicara tentang keseimbangan antara dua kekuatan berlawanan, yaitu yin (feminin, lembut) dan yang (maskulin, keras). 

Ruang yang diatur sesuai dengan prinsip yin dan yang dianggap memiliki energi yang lebih harmonis.

2. Bagua

Bagua adalah diagram yang digunakan untuk menganalisis dan mengatur area atau ruangan dengan menghubungkan setiap arah dengan aspek kehidupan tertentu seperti kesehatan, kekayaan, cinta, dan lainnya.

3. Lima Elemen

Feng shui juga melibatkan konsep lima elemen — kayu, api, tanah, logam, dan air. 

KEPOIN JUGA: 3 Tips Memilih Gorden sesuai Feng Shui, Tirai Penyaring Energi Negatif

Masing-masing elemen memiliki karakteristik dan hubungan tertentu yang dapat dipadukan dalam tata letak ruang untuk menciptakan harmoni.

4. Ciri-Ciri Energi Baik dan Buruk

Ada arus energi yang dianggap baik (sheng chi) dan buruk (sha chi). Pengaturan dan penataan ruang bertujuan untuk mengarahkan energi positif dan menghindari energi negatif.

5. Arah dan Orientasi

Arah dan orientasi ruangan dihubungkan dengan elemen dan arah mata angin, dan mereka dapat berdampak pada energi yang mengalir dalam lingkungan.

Feng shui diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk desain rumah, tata letak kantor, taman, dan bahkan dalam pemilihan tempat untuk makam. 

KEPOIN JUGA: 6 Pantangan Berdagang menurut Primbon Jawa, Kalau Dilanggar bahkan Sultan pun Auto Miskin!

Meskipun memiliki akar dalam budaya Tiongkok, konsep feng shui telah menyebar ke berbagai budaya di seluruh dunia.

Dan kemudian banyak orang menggunakannya sebagai panduan untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dan harmonis. (*)

*Photo by Klub Boks on Pixabay

Saya adalah seorang penulis konten profesional dengan minat mendalam dalam berbagai aspek dunia hiburan dan gaya hidup. Dari Infotainment, K-Wave hingga Bollywood, dan dari grooming kesehatan, perawatan, hubungan, wisata, serta ramalan.